Tentang Kami

Al Karim Tour & Travel adalah salah satu biro perjalanan resmi di Lombok yang bergerak dalam usaha perjalanan wisata yang mencakup pengadaan akomodasi, transportasi dan produk wisata lainnya. Al Karim Tour & Travel merupakan solusi bagi para wisatawan yang membutuhkan layanan wisata seperti layanan akomodasi baik hotel maupun villa, paket wisata atau paket liburan, paket outbound atau paket corporate gathering, kegiatan tour harian maupun charter kendaraan sampai dengan semua aktivitas adventure yang ada di Pulau Lombok.

Al Karim Tour & Travel bekerjasama dengan Komunitas Pemerhati Pariwisata (Kompita) Lombok, Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram serta Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Barat (BPPD NTB) mengembangkan media digital www.wisatakotamataram.com guna memenuhi kebutuhan informasi tujuan wisata Kota Mataram yang ada di Kotamadya Mataram dan membantu wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Mataram melalui penawaran paket wisata yang aman & nyaman.

 

Experience The City in Different Atmosphere ...

Sebagai ibukota Lombok, Kota Mataram telah menjadi pusat aktivitas pemerintahan, pendidikan dan budaya. Kota Mataram memiliki beberapa jenis obyek wisata berbeda yang dapat dijelajahi dalam waktu satu hari saja.

Kota Mataram memiliki topografi wilayah berada pada ketinggian kurang dari 50 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan rentang ketinggian sejauh 9 km. Secara administratif Kota Mataram memiliki luas daratan 61,30 km dan 56,80 km perairan laut, terbagi atas 6 kecamatan yaitu Kecamatan Ampenan, Cakranegara, Mataram, Sandubaya, Selaparang dan Sekarbela. Suku Sasak merupakan suku bangsa mayoritas penghuni Kota Mataram, selain suku Bali, Tionghoa, Melayu dan Arab.

Islam adalah agama mayoritas penduduk Mataram. Dan minoritas agama lain yang dianut adalah Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Kerukunan umat beragama telah ditunjukan dengan saling menghormati, menghargai dan saling menolong untuk sesamanya cukup dalam menjalankan amal ibadahnya dan juga dalam kehidupan sehari – hari, sesuai dengan visi kota Mataram untuk mewujudkan Kota Mataram maju, religius dan berbudaya.

Sebagian besar masyarakat Kota Mataram berbicara menggunakan Bahasa Sasak dalam keseharian, dan bahasa lainnya seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Bali, Bahasa Samawa dan juga Bahasa Bima.

Bandara Internasional Lombok merupakan pintu masuk wisatawan melalui udara ke Kota Mataram dan Pulau Lombok khususnya dan Nusa Tenggara Barat umumnya. Melalui darat juga terdapat terminal Induk di Kota Mataram yang bernama Teminal Mandalika yang terletak di sebelah timur kelurahan Bertais Kota Mataram. Dan yang terakhir melalui jalur laut yaitu melalui pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat.

Kota Mataram merupakan sentra dari perjalanan wisata di Pulau Lombok. Kota Mataram saat ini dikembangkan menjadi salah satu kota pariwisata.

Jika datang ke Kota Mataram, tidak perlu khawatir dengan akomodasi atau penginapan karena di Kota Mataram telah banyak didirikan hotel dengan berbagai kelas hotel sesuai dengan kantong, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang.

Untuk wisata budaya, perpaduan antara budaya Lombok dan Bali dan sentuhan dari etnis lainnya, melahirkan suatu kolaborasi budaya yang sangat menarik, dan ada beberapa tempat menarik yang layak untuk dikunjungi terkait dengan hal tersebut antara lain, Taman Mayura, Pura Meru, Museum Nusa Tenggara Barat, Taman Loang Balong, Taman sangkareang, Taman Udayana dan juga Kota Tua Ampenan.

Ayo ke Kota Mataram ...